Jenis-Jenis Lalat

Rate this post

Jenis-Jenis LalatLalat sangat umum kita temui pada area rumah dan bisnis di negara tropis. Ada jenis-jenis lalat yang lebih umum kita temui daripada yang lainnya. Dengan mengetahui penampilan dari jenis lalat tersebut kalian bisa menentukan metode pencegahan dan pengendalian lalat yang efektif.

Berikut Jenis-Jenis Lalat yang Umum Di Indonesia

Karena indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, tidak dipungkiri jikalau banyak terdapat spesies lalat.

  1. Lalat Rumah(Musca domestica)
    Lalat rumah adalah pembawa utama berbagai macam penyakit berbahaya bagi manusia. Dengan rongga dada berwarna abu-abu dengan 4 garis sempit, serta perut berwarna kuning.
  2. Lalat Hijau(Calliphora vomitoria)
    Merupakan lalat yang seringkali terlihat terbang di sekitar tempat sampah, kotoran hewan peliharaan dan hewan mati. Lalat hijau dewasa memiliki panjang antara 1/4″ – 1/12″ dan berwarna biru metalik.
  3. Lalat Pasir(Spiriverpa Lunulata)
    Hama ini dapat dijumpai dari bulan April hingga September. Mereka tinggal di tepi sungai berpasir yang terbuka serta bebas dari pepohonan yang rindang. Badannya berwarna abu-abu pucat dan memiliki mata berwarna coklat kemerahan.
  4. Lalat Buah(Drosophila species)
    Biasanya ditemukan terbang diatas buah yang telah matang atau melayang di sekitar sisa-sisa fermentasi. Dengan ciri berwarna kuning kecoklatan atau belang-belang. Serta, mata berwarna merah terang.
  5. Lalat Limbah(Psychodidae)
    Sering kali disebut dengan ngengat, mereka sering ditemui pada area pembuangan atau limbah. Memiliki ciri warna tubuh yang gelap seperti abu-abu. Serta, bentuk sayap yang padat seperti tenda ketika saat bertengger
  6. Lalat Daging(Sarcophagidae)
    Selalu meletakkan larvanya pada daging yang sudah membusuk atau rusak. dan mereka dapat berkembang biak pada bangkai hewan. Dengan ciri-ciri rongga dada berwarna abu-abu terang dan mempunyai 3 garis-garis gelap memanjang. Serta, perut berwarna abu-abu terang bercorak bercak hitam
  7. Lalat Kuda(Family tabanidae)
    Merupakan hama khusus yang ada pada hewan ternak. Serangan gigitan tanpa henti dari lalat betina dapat menyebabkan penurunan berat badan pada beberapa hewan. Memiliki ciri berwarna hitam hingga coklat tua dan mata hijau.

Itulah beberapa jenis lalat yang bisa kita temui dinegara beriklim tropis seperti Indonesia. Jika kehadiran lalat sudah semakin mengganggu. Segera menghubungi jasa pembasmi lalat terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.