Jenis Tikus di Indonesia

Rate this post
Jenis TIkus di Indonesia
Jenis Tikus di Indonesia

Kehadiran berbagai jenis tikus pada lingkungan sekitar bukan merupakan hal baru. Pada zona metropolitan tikus-tikus amat mudah berkembang biak. Karenanya dari itu tikus menjadi persoalan yang acap kali terjadi dengan cepatnya berkembangbiak. Tikus berpotensi menyebarkan bermacam-macam penyakit pada area-area tertentu dengan pesat. Kenali ragam tikus secara umum yang mungkin kalian sering kali jumpai, yuk!

  1. Tikus Norway (Rattus norvegicus)
    Tikus Norway atau norwegia sering kita sebut dengan nama tikus got. Merupakan jenis tikus yang sering tinggal dibawah tanah dan area got. Mereka memiliki telingan kecil dan mata hitam besar yang menonjol. Dengan panjang hingga 16 inci tikus ini bisa melahirkan 20 anak untuk 1 betinanya.
  2. Tikus Rumah (Rattus rattus)
    Tikus rumah memiliki ciri-ciri telinga yang bundar, moncong pendek, dan ekor yang panjang. Warna mereka mulai dari coklat terang hingga coklat tua. Berbeda dengan tikus got/norway tikus ini bisa melahirkan 5-7 anak untuk 1 betinanya dan bisa melahirkan 6-10 kali tiap tahunnya.
  3. Mencit (Mus Musculus)
    Mencit sangat mudah dijumpai di rumah-rumah dan sangat mudah dalam beradaptasi. Menjadikantikus ini populasi terbesar kedua setelah manusia. Dengan memiliki ciri-ciri panjang ekor yang sama dengan panjang tubuh dan memiliki warna kontras. Membuat tikus ini mudah berkamuflase pada area perkotaan dan hutan.

Dengan bermacam-macam persoalan yang dihadirkan oleh tikus-tikus, sangatlah penting bagi kita untuk mengendalikan penyebaran mereka. Pengendalian tikus semestinya dikerjakan dengan ideal dan secara profesional untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.