Membasmi Jentik Dengan Ikan

Rate this post
Membasmi Jentik Dengan Ikan
Membasmi Jentik Dengan Ikan

Dalam pencegahan dan membasmi jentik nyamuk, penggunaan ikan pemakan nyamuk merupakan salah satu metode pengendalian hayati pengendalian vektor penyakit. Cara ini dinilai efektif dan efektif dalam mengendalikan jentik nyamuk dan tidak menimbulkan risiko terhadap lingkungan. Keuntungan menggunakan ikan sebagai pemangsa jentik nyamuk adalah tidak merusak lingkungan, tidak membahayakan kesehatan, dan tidak membuat nyamuk kebal sehingga relatif lebih ekonomis.

  • Ikan Cupang
    Merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara, dari dulu ikan cupang sudah dikenal dengan ikan predator pemakan jentik nyamuk, dimana jenis pakan alami tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan burayak cupang.
  • Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus)
    Merupakan ikan yang berasal dari luar negeri yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan nila merah memakan jentik nyamuk dan ganggang Enteromorpha, yaitu ganggang yang dipakai untuk bertelur nyamuk anhopeles sundaicus. Sehingga ikan nila merah dikatakan efektif dalam mengendalikan jentik nyamuk penyebab malaria.
  • Ikan Gabus (Gambusia affinis)
    Merupakan ikan air tawar yang dikenal juga dengan nama mosquitofish. Ikan ini adalah ikan pemakan jentik yang telah digunakan lebih banyak dari ikan lain untuk pengendalian nyamuk secara bilogis. Gambusia juga biasanya memakan zooplankton, kumbang, lalat capung, lalat caddis, tungau, dan invertebrate lainnya.
  • Ikan Mas
    Merupakan salah satu ikan pemakan jentik nyamuk. Jenis ikan mas sendiri sangat banyak, baik ikan mas hias maupun ikan mas konsumsi. Beberapa jenis ikan mas yang popular yaitu ikan mas koki, ikan koi, ikan komet, dan ikan mas jenis lainnya. Dari beberapa jenis ikan mas tersebut yang sangat efektif dan sering digunakan dalam mengendalikan jentik nyamuk adalah ikan hias komet.

Penggunaan ikan sangat efektif dalam membasmi jentik nyamuk, dan penggunaan ikan juga lebih hemat dan mudah diterapkan di masyarakat. Tapi Anda juga bisa menyingkirkan nyamuk melalui fogging.

Leave a Comment

Your email address will not be published.