Mencegah Rayap Secara Natural

Rate this post
Mencegah Rayap Secara Natural
Mencegah Rayap Secara Natural

Rayap atau termite adalah serangga sosial yang termasuk dalam ordo Isopetra. Rayap hidup dan memakan kayu, mulai dari furnitur hingga rangka rumah. Oleh karena itu, dampak kerugian ekonomi banyak dirasakan. Jika rayap bersifat ganas, menggunakan bahan kimia untuk membasmi rayap adalah pilihan terakhir. Tapi Anda bisa mencegah rayap secara natural!

  1. Ventilasi Udara
    Jangan pelit-pelit dengan ventilasi udara, rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan minim dari sinar matahari. Ventilasi yang memadai selain membuat udara tidak lembab, cahaya yang masuk juga akan meningkat. Dengan begitu, perabotan berbahan kayu kalian tidak akan diserang rayap
  2. Membersihkan Genangan Air
    Selain menjadi sumber utama nyamuk berkembang biak, genangan air juga tempat untuk rayap berkembang biak. Cara membasmi rayap seperti ini sangat kami sarankan rutin dilakukan saat musim hujan.
  3. Memperbaiki Pipa yang Bocor
    Pipa yang bocor tentu menjadi momok, dengan begitu tagihan air kalian akan meningkat. Selain itu, kebocoran pada pipa ini membuat rumah kalian menjadi lebih lembab. Maka tidak heran jika rayap menjadi terpancing untuk masuk ke dalam rumah.
  4. Menutup Retakan
    Retakan pada rumah memudahkan udara lembab untuk masuk kedalam ruangan. Selain itu, retakan juga menjadi akses mudah untuk para rayap masuk kedalam ruangan. Retakan bisa kamu tutup dengan mudah menggunakan semen putih yang mudah kalian dapatkan.
  5. Menghindari Kontak ke Tanah
    Bagi kalian yang menggunakan banyak aksen maupun bertemakan kayu pada rumah. Agar selalu memperhatikan jarak antara kayu dengan tanah, cara ini berguna untuk mencegah rayap yang biasanya masuk ke dalam ruangan. Usahakan menggunakan bahan kayu yang diolah dengan baik, agar uap air tidak mudah terkumpul pada kayu.
  6. Menjemur Furnitur
    Funitur berbahan kayu merupakan sasaran utama dari rayap. Cara utama untuk mencegah rayap agar tidak memakan kayu adalah dengan menjaga kelembapan kayu tersebut. Dengan menjemur kayu, kelembapan pada kayu akan berkurang karena kayu akan semakin kering. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pernis agar uap air tidak mudah masuk kedalam kayu.

Anda dapat mencegah mereka menyerang rumah Anda dan furnitur dengan cara diatas. Jika cara ini dilakukan sebelum rayap menyerang, cara ini sangat efektif. Jika menurut Anda rayap terlalu banyak, Anda bisa menggunakan jasa pengendalian hama rayap untuk membasminya secara tuntas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.