Perkembangbiakan Semut

Rate this post

Perkembangbiakan Semut

Semut adalah serangga sosial yang hidup di dalam sebuah koloni berisikan ribuan hingga jutaan semut di dalamnya. Makhluk kecil ini dikenal dengan struktur sosial hierarkinya yang kompleks di dalam koloni. Setiap anggota koloni memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda dalam memelihara serta perkembangbiakan semut.

Cara Perkembangbiakan Semut

Tahapan dari siklus hidup atau daur hidup semut sama dengan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna lainnya

  1. Telur
    Siklus hidup semut dimulai dari tahap telur.Seekor ratu semut mampu bertelur sekitar 100.000 – 300.000 telur dalam waktu beberapa hari.
  2. Larva
    Larva semut muncul dalam warna putih kekuningan, transparan dan sekilas terlihat seperti belatung. Larva semut memakan makanan padat dan berbentuk cair yang disediakan oleh semut pekerja selama masa hidupnya. Akibatnya, mereka akan tumbuh dengan cepat dan hanya membutuhkan waktu singkat antara 6 – 12 hari untuk larva semut berubah menjadi pupa.
  3. Pupa
    Pupa semut umumnya berwarna putih, sekilas tampak seperti semut dewasa dengan kaki dan antena yang menekuk ke bagian tubuh dan ditutupi dengan kepompong berwarna putih atau kecoklatan.Tahap pupa adalah tahap perkembangan ketiga dan terakhir sebelum semut dewasa muncul.Mirip dengan tahap larva, pupa semut juga menggantungkan hidupnya kepada para semut pekerja dalam memberikan asupan makanan.
  4. Dewasa
    Semut dewasa muda memiliki warna yang lebih terang dengan tubuh transparan pada saat kemunculannya. Namun mereka akan berwarna lebih gelap seiring bertambahnya usia.

Seperti itulah cara siklus hidup atau perkembangbiakan semut. Semut akan menjadi ancaman jika sudah membentuk koloni yang sangat besar. Jika semut sudah menguasai sekitar kalian, segera hubungi jasa pembasmi semut professional.

Leave a Comment

Your email address will not be published.